May 28, 2017

Preview Film: Resident Evil: Vendetta (2017)


Petualangan Alice dalam Resident Evil memang sudah tamat dengan dirilisnya film keenam yang bertajuk The Final Chapter pada bulan Januari yang lalu. Namun, franchise yang diadaptasi dari video game tersebut masih akan terus berlanjut.

Beberapa hari yang lalu, tersiar kabar bahwa Resident Evil bakal di-reboot, alias dimulai kembali kisahnya. Tentu saja, bakalan tanpa si sexy Milla Jovovich yang peran ikonisnya sebagai Alice telah berakhir. Yang bakal menjadi produser versi reboot ini pun, konon, bukan nama sembarangan. Yakni, si master film horror asal Malaysia, James Wan.

Sekali lagi, itu semua baru rumor. Belum ada konfirmasi resmi tentang proyek reboot tersebut. Tetapi, sembari menunggu Resident Evil versi anyar yang entah kapan bakal dirilis, para fans bisa terlebih dulu menikmati versi animasinya yang mulai tayang di Cinemaxx Theater dan CGV Cinemas seluruh Indonesia pada hari Sabtu (27/5) ini.

Film berjudul Resident Evil: Vendetta tersebut juga bakal dirilis di Jepang dengan tajuk Biohazard: Vendetta. Bagi yang belum tau, sebelumnya sudah pernah beredar dua film animasi CG (computer graphic) tentang zombie-zombie-an ini. Yaitu, Resident Evil: Degeneration (2008) dan Resident Evil: Damnation (2012).

Resident Evil: Vendetta sendiri bakal mengambil setting di antara kejadian di video game Resident Evil 6 dan Resident Evil 7: Biohazard. Film animasi rilisan Sony Pictures Entertainment Japan ini memang berada satu universe dengan video game yang dirilis oleh Capcom. Berbeda dengan versi live-action-nya yang dibintangi Milla Jovovich, yang kisahnya berdiri sendiri, tidak terkait dengan video game-nya.

Karakter utama di film versi animasi juga sama dengan versi video game, yaitu Leon S. Kennedy (suaranya diisi oleh Matthew Mercer). Namun, di Resident Evil: Vendetta ini, sosok agen pemerintah Amerika Serikat itu bakal berbagi peran dengan Chris Redfield (Kevin Dorman), anggota BSAA (Bioterrorism Security Assessment Alliance). Selain itu, juga ada professor cantik, Rebecca Chambers (Erin Cahill).

Bagi para gamer, Leon dan Chris merupakan dua karakter ikonik yang sangat populer. Redfield menjadi tokoh utama di Resident Evil (1996) dan Resident Evil 5 (2009), serta Kennedy di Resident Evil 2 (1998) dan Resident Evil 4 (2005). Sementara itu, Rebecca adalah jagoan di video game prekuel, Resident Evil Zero (2002).

Di versi film animasi Resident Evil: Vendetta, ketiga karakter utama tadi akhirnya dipertemukan kembali. Leon, Chris dan Rebecca bakal bahu-membahu untuk menghentikan tokoh antagonis, Glenn Arias, yang memiliki misi balas dendam untuk menyebarkan virus mematikan baru, The Trigger Virus, di New York City.

Dari trailer yang dirilis beberapa waktu lalu, tampak Resident Evil: Vendetta tetap mengumbar aksi mengerikan para zombie. Namun, bila dibandingkan dengan dua film animasi pendahulunya, produk Marza Animation Planet ini terlihat lebih brutal dan menegangkan. Para gamer, yang kecewa dengan versi live-action produksi Hollywood, sepertinya bakal dipuaskan kali ini.

Resident Evil: Vendetta memang bukan film blockbuster. Namun, banyak pihak, terutama para pemain video game, menilai versi animasi ini bakal lebih baik dari versi live-action yang dibintangi Milla Jovovich, yang telah dirilis sebanyak enam judul tersebut.

Kisah film besutan Takanori Tsujimoto ini memang mengikuti cerita asli video game-nya, dengan desain karakter yang juga sama. Oleh karena itu, tak heran, para gamer lebih menyukai versi animasinya daripada versi Hollywood-nya.

Hingga kini, respon dari para kritikus masih belum diketahui karena Resident Evil: Vendetta baru dirilis hari Sabtu (27/5) ini di Jepang dan Indonesia. Sementara itu, di Amerika Serikat baru akan tayang pada 19 Juni 2017 nanti.

***

Resident Evil: Vendetta

Sutradara: Takanori Tsujimoto
Produser: Hiroyuki Kobayashi
Penulis Skenario: Makoto Fukami
Berdasarkan: Resident Evil by Capcom
Pemain: Matthew Mercer, Kevin Dorman, Erin Cahill
Musik: Kenji Kawai
Produksi: Capcom, Marza Animation Planet
Distributor: Sony Pictures Entertainment Japan, Kadokawa, CBI Pictures (Indonesia)
Durasi: 115 menit
Rilis: 27 Mei 2017 (Jepang & Indonesia), 19 Juni 2017 (Amerika Serikat)

Rating (hingga 27 Mei 2017)
IMDb: -
Rotten Tomatoes: -

No comments: